Kamis, 05 September 2013

10 SPESIES KATAK TERANEH

Katak adalah hewan darat dan air. Katak seringkali muncul jika hujan akan datang. Ada lebih dari 4800 spesies katak yang ada di dunia. Lingkungan yang berbeda pada habitat katak mengakibatkan banyaknya spesies katak bermutasi menjadi aneh. Berikut adalah beberapa spesies katak yang aneh dan belum begitu dikenal oleh manusia.

1. Katak Bertanduk

Katak ini luar biasa ditemukan di hutan hujan Amazon Amerika Selatan. Katak Horned Brasil, Ceratophrys aurita, memiliki penampilan yang berbeda dibandingkan dengan amfibi lainnya. Evolusi telah disembunyikan makhluk ini dengan baik, menyamar sebagai daun untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Katak dapat tumbuh sampai ukuran besar, mencapai panjang dua puluh sentimeter. Ini mengubur dirinya dalam daun sehingga hanya kepalanya yang terlihat dan ketika sesuatu berjalan melewati, itu cepat tersentak dan dimakan. Ini adalah hewan yang sangat agresif dan penduduk desa setempat sering memakai sepatu bot kulit yang besar untuk melindungi kaki mereka dari gigitan kuat. Meskipun sifat agresif mereka, beberapa orang menjaga katak sebagai hewan peliharaan.

2. Katak 
Terbang







Katak ini baru ditemukan pertama kali didokumentasikan pada bulan Januari tahun ini, sehingga ada sedikit informasi tentang makhluk ini. Namun, kita tahu bahwa katak ini bisa terbang menggunakan kaki berselaput yang besar. Ini meluncur melintasi kanopi hutan Vietnam Selatan untuk melarikan diri predator dan spesimen perempuan memiliki flap kulit di lengan mereka untuk membantu penerbangan. Kaki yang besar digunakan untuk menempel cabang pohon setelah meluncur. Terbang Helen katak-Rhacophorus helenae cukup besar, mencapai sepuluh sentimeter panjangnya.

Hal ini ditemukan di Vietnam dekat Saigon oleh ilmuwan Australia. Dia bernama katak setelah ibunya. Yang mengherankan ahli biologi adalah bahwa hal itu begitu besar dan hidup begitu dekat dengan Saigon tetapi tetap tidak terdeteksi begitu lama.

3. Katak Beracun

The Harlequin Variabel-katak Atelopus varius-adalah asli ke Kosta Rika dan selama beberapa tahun terakhir, karena penyebaran jamur dan perubahan iklim, jumlahnya telah menurun dengan cepat untuk populasi terisolasi tunggal. Spesies ini sekarang nyaris punah.

Warna katak (yang bisa ungu, hitam atau kuning) memperingatkan predator untuk tetap jelas karena memiliki racun beracun yang kuat, yaitu 100 kali lebih kuat dari potasium sianida. Satu-satunya makhluk yang menimbulkan sebagai ancaman bagi katak Harlequin (selain manusia) adalah lalat parasit yang bertelur di kaki katak, memungkinkan mereka ke dalam liang. Mereka kemudian makan organ internal katak, akhirnya membunuhnya.

4. Katak Raksasa

The Goliath katak-Conraua goliath-adalah katak terbesar di Bumi. Hal ini dapat tumbuh hingga tiga puluh tiga sentimeter panjangnya dan beratnya bisa mencapai tiga kilogram. The Bullfrog Afrika raksasa hanya setengah ukuran katak Goliath.

Makhluk ini berasal dari Afrika barat. Ini makan kepiting, ular kecil dan bahkan katak lainnya. Katak Goliath tidak membuat suara karena kurangnya kantung vokal. Memiliki besar, kaki kuat yang memungkinkan untuk melompat jarak-up besar untuk tiga meter (10 kaki). Sayangnya, seperti banyak spesies katak lainnya, katak Goliath rentan terhadap aktivitas manusia seperti berburu, penggundulan hutan dan perdagangan hewan peliharaan. Faktor-faktor ini sekarang telah membuat katak spesies yang terancam.

5. Katak Pelangi
 


Endemik di hutan tropis dan padang rumput dari Tanzania, Pohon Morogoro katak-Nectophrynoides viviparus-memiliki kelenjar besar pada tubuhnya dekat mata dan anggota badan. Kelenjar ini dapat menjadi berbagai warna termasuk orange, abu-abu, hijau, merah dan putih. Warna kelenjar biasanya kontras ke seluruh katak.

Telur menetas sementara di dalam perempuan dan mereka yang dirilis sebagai kecil, tetapi sepenuhnya terbentuk kodok. Jenis kehamilan jarang di antara amfibi.

6. Katak Terkecil

Biasanya ditemukan di daerah pegunungan dengan banyak lereng curam adalah Pebble Venezuela katak-Oreophrynella nigra. Ketika dihadapkan dengan bahaya, seperti tarantula, (salah satu predator utama katak), ia melipat kepala dan anggota badan bawah tubuhnya dan kemudian menjadi tegang otot. Ini membentuk bentuk bola dan kemudian gulung ke bawah bukit terdekat, mendarat di genangan air atau celah di bagian bawah.

Mereka tidak mengambil kerusakan dari rolling dan memantul karena mereka begitu ringan dan otot-otot mereka sangat kuat. Katak ini menggunakan mekanisme pertahanan karena bergulir jauh lebih cepat daripada melompat dan tidak bisa melompat sangat jauh.

7. Katak Lumut

Vietnam Mossy katak-Theloderma corticale-ditemukan di hutan tropis dan rawa-rawa utara Vietnam. Nama berasal dari bentuk yang berbeda mereka kamuflase yang menyerupai lumut dan lumut. Ketika predator mendekati, menyembunyikan katak dengan meringkuk kakinya ke dalam, sehingga hanya tubuh terlihat berlumut. Ini memiliki bantalan besar pada kakinya menempel pada pohon dan diet yang seluruhnya terdiri dari serangga. Para katak bertelur di dinding gua dan berudu jatuh ke dalam air di bawah ini, di mana mereka menghabiskan sisa hidup mereka. Katak Mossy Vietnam juga merupakan hewan peliharaan yang populer di Asia.

8. Katak Kura - Kura

Kura-kura katak-Myobatrachus gouldii-ditemukan dalam semi-kering daerah Australia Barat. Ini memiliki penampilan yang sangat tidak biasa, dan terlihat seperti kura-kura shell-kurang, dengan putaran, pinky-cokelat tubuh berwarna, kepala kecil dan kaki pendek. Anggota badan mereka yang singkat dan berotot, yang memungkinkan mereka untuk menggali melalui pasir dan untuk mematahkan sarang rayap terbuka, yang merupakan sumber makanan utama katak.

Katak melompat Penyu tahap berudu dan tumbuh menjadi katak sepenuhnya terbentuk sementara di dalam telurnya. Untuk alasan ini, telur yang keluar dari setiap katak terbesar lainnya di Australia, mengukur 5 sampai 7 milimeter panjang.

9. Katak Transparan

Ini katak berwarna hijau namun memiliki kulit transparan di bagian bawah tubuh mereka. Hal ini memungkinkan hati mereka, hati dan usus terlihat jelas. Dalam spesimen wanita hamil, bahkan frogspawn terlihat dalam. Diperkirakan bahwa kulit transparan berfungsi sebagai perlindungan, memungkinkan cahaya yang dipantulkan dari daun untuk bersinar melalui katak. Hal ini membuat lebih sulit bagi predator untuk spot. Mereka tinggal di pohon-pohon lembab, daerah pegunungan dan bertelur pada daun. Berudu kemudian jatuh ke air di bawah dan melanjutkan pertumbuhan mereka ke tahap dewasa.

10. Katak Suriname

Pada nomor satu adalah katak-Pipa Suriname pipa. Seperti katak lain, ditemukan di hutan hujan tropis Amazon. Ini adalah katak yang besar, dan dapat tumbuh hingga dua puluh sentimeter. Dibandingkan dengan spesies lain, ia memiliki mata kecil dan tubuh yang sangat datar. biasanya lumpur berwarna coklat dan tidak memiliki lidah atau gigi. Ketika mencari pasangan, katak Suriname tidak parau seperti kodok normal, melainkan menyerang dua tulang di tenggorokan bersama-sama untuk menghasilkan suara mengklik bernada tinggi.

Bahkan lebih aneh adalah pemijahan katak dan teknik reproduksi. Dalam tubuh air, laki-laki menempel pada perempuan, membentuk apa yang dikenal sebagai amplexus. Kemudian pasangan melompat keluar dari air beberapa kali. Betina melepaskan beberapa telur setelah melompat masing-masing, dan ini implan telur ke bagian belakang kulit makhluk-melalui. Telur ini bergerak lebih jauh ke dalam tubuh dan mereka berkembang menjadi kodok sepenuhnya terbentuk di dalam kantung-kantung. Kemudian mereka meledak keluar dari kulit selama kelahiran.

 saya beri tambahan 1 biar gak sepuluh mulu

+ Katak Ungu

Ditemukan di pegunungan selatan India, katak-Nasikabatrachus Purple sahyadrensis-adalah spesies unik dari katak dan satu-satunya anggota keluarga Nasikabatrachidae. Memiliki halus, kulit ungu dan tubuh, besar bulat dengan anggota badan kekar. Kepala kecil dan memiliki hidung babi seperti. Katak Purple menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah dan hanya meninggalkan terowongan selama dua minggu setiap tahun. Spesies ini telah berkembang secara independen selama 130 juta tahun dan kerabat terdekat yang hidup adalah katak Sooglossidae dari Seychelles.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar